Rabu, 17 Oktober 2012

Tanggapan Tentang Tawuran Yang Terjadi di Kalangan Pelajar atau Mahasiswa serta Bagaimana cara Mencegahnya



 Artikel ini menjelaskan tentang tanggapan saya tentang tawuran-tawuran yang mulai marak dikehidupan kita.
Belakangan ini sering terjadi tawuran dimana-mana contohnya dikalangan pelajar. Kata tawuran itu sudah sering kali kita dengar bahkan mungkin sekarang sepertinya sudah menjadi bagian dari budaya / tradisi masyarakat kini, yang tidak jauh-jauh dikalangan pelajar atau bahkan mahasiswa.
Apa sih arti dari tawuran itu sendiri ? tawuran itu adalah berkelahi beramai-ramai yang biasanya terjadi dengan diawali oleh seorang provokator dan tidak adanya pembebntukan karater yang baik dalam diri.misalnya saja ketika salah satu teman kita ada yang merasa tersinggung dengan pelajar atau mahasiswa dari sekolah ataupun kampus lain untuk hal sepele. Pastilah teman kita tersebut akan mengadu kepada kita dan menjelaskan dengan kita seolah-olah membuat kita menjadi ikutan tersinggung sehingga akan terjadi saling adu domba.
Kemudian apakah yang akan terjadi ? pastilah semua itu akan berujung menjadi sebuah perkelahian yang berbentuk tawuran antar pelajar yang kemudian akan terjadi dampak buruk bagi diri kita sendiri dan melukai diri kita sendiri. Karena ketika tawuran pasti membawa benda-benda tajam atau benda-benda berbahaya yang kemudian akan menjadi senjata mereka pada saat tawuran nanti. Lihat apakah yang terjadi ? pasti banyak diantara kita yang terluka bahkan sampai ada yang kehilangan nyawanya hanya karena tawuran atau berkelahi untuk hal yang sepele atau tidak penting untuk dipersoalkan. Tawuran itu tidak hanya merugikan diri kita sendiri melainkan banyak pihak yang akan terugikan akibat sikap yang buruk ini.


Apakah setelah terjadi tawuran tersebut masalah akan selesai ? oh.. tentu saja tidak, malah sebaliknya, masalah tersebut bukannya selesai melainkan akan bertambah. Apakah setelah tawuran antar pelajar tersebut bisa langsung damai ? tidak semua bisa langsung berdamai,untuk yang tidak bisa langsung berdamai, esoknya mungkin mereka akan megadu lagi ke teman mereka yang lain atau dari sekolah/kampus lain sehingga bisa menyebabkan keesokannya tawuran tersebut berlanjut kembali.. huffttt.. kalau begini terus tidak akan pernah selesai,Bahkan masalah tersebut bisa terus menjadi dendam yang berlarut-larut. Biasanya sampai diantara mereka ada yang mengalah, meminta maaf,mengakui kesalahan mereka dan mengakui Kekalahan mereka.
Jadi, apakah masalah bisa diselesaikan dengan “kekerasan dan Emosi ” ? tidak akan bisa, karena masalah yang diselesaikan dengan kekerasan dan emosi tersebut malah menambah masalah dan tak akan terselesaikan.
So, bagaimana sih cara mencegah tawuran tersebut ? seperti yang kalian baca diatas, kuncinya ada pada diri kita sendiri. Jangan mau di bodohi dengan seorang provokator yang selalu memprovokatori kita untuk melakukan hal-hal yang merusak karakter kita. Kemudian buat diri kita untuk membentuk karakter yang baik dan menjadi pribadi yang baik  dan tanamkan pada diri kita untuk  “CINTAI PERDAMAIN” karena “PERDAMAIAN ITU INDAH”. Selesaikan masalah dengan hati dan pikiran yang jernih sehingga tidak akan terjadi tawuran.
Intinya jadilah Pelajar, Mahasiswa atau Masyarakat yang Cerdas.

Oleh : Mila Yunita



1 komentar: