Kamis, 24 Januari 2013

Lingkungan Sosial Disekitar


Lingkungan sosial adalah hubungan interaksi antara masyarakat dengan lingkungan.Sikap masyarakat terhadap lingkungan sosial dipengaruhi oleh nilai sosial, itulah hubungannya. Jika nilai sosial tentang lingkungan lantas berubah/terjadi pergeseran, maka sikap masyarakat terhadap lingkungan juga berubah/bergeser. Itulah sebabnya masyarakat dan nilai sosial selalu terlihat dinamis, terlepas dari baik dan buruknya lingkungan sosial.Lingkungan yang baik biasanya menggambarkan masyarakat yang baik, begitupun sebaliknya.
Dan Manusia adalah merupakan makhluk sosial, yang artinya tidak dapat hidup sendiri (induvidual) tanpa bantuan orang lain.
Dan kembali ke tema nya yang menceritakan lingkungan sosial disekitar saya, baik itu di Rumah, di Kampus bahkan pergaulan saya di madyarakat. Saya tinggal di jln.Imam Bonjol 22 Hadimulyo Barat,Metro-Lampung. Kehidupan sosial di lingkungan itu sangatlah nyaman dan damai, karena masyarakat-masyarakat dilingkungan itu sangat menjunjung tinggi kekeluargaan, kebersamaan dan saling tolong-menolong. Namun berbeda halnya dengan tempat tinggal saya saat ini, saya merantau ke Jakarta untuk menuntut ilmu. Dan sekarang saya tinggal di Jakarta Timur. Namun sayangnya, lingkungan sosial tempat saya tinggal sekarang tak seperti lingkungan sosial dikampungku. Disini, masyarakatnya, seperti tetangga-tetangga dekat saya seperti makhluk induvidual, meski tak semua seperti itu.
Dan kemudian lingkungan sosial dikampus dimana salah satu sarana tempat saya belajar dan menuntut ilmu. Saya adalah mahasiswi Universitas Gunadarma jususan sistem Informasi. Lingkungan dikampus yang saya rasakan nyaman dan antar sesama saling menghormati dan menghargai, serta tidak istilah senioritas ataupun junioritas, semua sama. Baik itu junior yang saling menghormati seniornya maupun senior yang menghargai juniornya.
Dan yang terakhir ini saya akan meceritakan tentang lingkungan sosial saya diluar rumah, sekolah ataupun kampus saat ini. Ketika saya masih duduk dibangku SMA, saya merupakan salah satu anggota English Club di sekolah. Tetapi kemudian, pembina English Club disekolah saya membentuk suatu kumpulan yng isinya adalah kumpulan-kumpulan dari anggota English club masing-masing sekolah dalam 1 kota yang dijadikan 1 komunitas yang diberi nama MEC (Metro English Club). Disini saya merasakan yang namanya perjuangan, kebersamaan, kekeluargaan dan kekompakan.kami saling bertukar informasi, pengetahuan, sharing dan sebagainya, Dan kami juga selalu melakukan kegiatan rutin setiap minggunya.
Dan itulah kilas balik kehidupan dan lingkungan sosial disekitar saya. Dan inu membuktikn bahwa manusia adalah makhluk sosial, yang tidak akan bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Dan carilah lingkungan sosialnya yang baik yang bisa membentuk karakter dan kepribadianmu juga baik. Dan hindari bahkan jauhkan pergaulan yang menjerumuskan kita ke hal yang negative.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar