Selasa, 22 Januari 2013

Manfaat IPTEK dalam mengatasi kemiskinan dan efek Tekhnologi bagi masyarakat yang belum siap mental


IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan teknologi) merupakan serangkain kreasi ide yang dituangkan dalam bentuk nyata yang ditujukan fungsinya sebagai alat untuk mempermudah kegitan manusia.
Dalam aplikasinya perkembangan IPTEK di Indonesia terbilang lambat, masih banyak human resource yang belum mengerti akan IPTEK itu sendiri. Hal ini di perparah dengan keadaan ekonomi masyarakat  Indonesia sendiri. Mayoritas masyarakat Indonesia tergolong dalam jenjang kurang sejahtera, hal ini berpengaruh terhadap perkembangan IPTEK itu sendiri di Indonesia.
IPTEK sebenarnya dapat membantu masyarakat dalam permasalahan ekonominya, satu contoh dalam hal komunikasi, masyarakat dapat mudah menghubungi partner kerja di tempat yang terpencil sehingga akses ke daerah terpencil akan lebih mudah di capai melalui komunikasi terlebih dahulu, kemudian dalam bidang mencari lowongan pekerjaan, masyarakat yang sedang mencari pekerjaan akan mudah mendapatkan informasi melalui internet. IPTEK adalah salah satu alternatif lain bagi masyarkat untuk mengatasi problem ekonomi, bisa saja dengan IPTEK ini masyarakat akan lebih terbuka pengetahuannya sehingga dapat memunculkan ide-ide baru untuk berinovasi menciptakan peluang kerja baru.
Saat ini, bukan rahasia umum lagi apabila masih banyak masyarakat khususnya di Indonesia yang tidak mengerti akan IPTEK atau masyarakat yang belum siap mental akanIPTEK itu sendiri. Ketertinggalan akan penguasaan teknologi ini mengakibatkan lambatnya penerimaan bahkan penyrapan informasi yang mana pada masa ini hampir semua informasi dituangkan dalam internet akses. Apabila masyarakat tidak mampu menguasai teknologi sudah tentu semakin tertinggalnya mereka akan informasi yang merupakan gerbang dalam mencari pekerjaan untuk memperbaiki ekonomi mereka secara pribadi bahkan halayak luas.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa teknologi bermetamorfosis menjadi satu hal yang wajib dikuasai oleh manusia apabila tidak ingin tertinggal akan informasi umum dan dampak bagi masyarakat yang tertinggal akan menjadi makin terpuruk apabila tidak sesegera mungkin memperbaiki kemampuannya akan penguasaan teknologi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar