Sabtu, 22 Juni 2013

Pancasila sebagai Filsafat dalam Kehidupanku


Pancasila sebagai dasar Negara Republik Indonesia dan pandangan hidup bagi rakyat Indonesia. Sebagai bangsa kita ingin mengetahui jelas arah dan tujuan hidup yang ingin kita capai dan itu semua memerlukan sebuah pandangan yang memiliki nilai-nilai kehidupan yang akan kita jadikan menjadi filsafat hidup kita.
Dan aku sebagai rakyat Indonesia menjadikan Pancasila sebagai pandangan hidupku, sebagai filsafat hidupku dan sebagai alat untuk membentukku menjadi pribadi yang baik,tanpa mengenyampingkan agamaku, karena di dalam isi yang terkandung di dalam pancasila terdapat nilai-nilai ke-Tuhanan yang wajib aku terapkan dalam kehidupanku, yang terdapat pada sila pertama yang berisi KeTuhanan Yang Maha Esa.
Selain menerapkan nilai-nilai KeTuhanan dalam kehidupanku, orangtuaku mengajarkan banyak nilai-nilai baik dalam hidupku,misalnya untuk menjadi manusia yang adil dan beradap, mencintai perdamain dan menjadikan perbedaan itu menjadi satu seperti semboyang negara kita “Bhineka tunggal Ikameskipun berbeda-beda tetapi tetap satu jua yang artinya meskipun kita berbeda-beda tetapi kita tetap harus bersatu.
Didalam hidupku tentunya aku memiliki masalah yang harus aku selesaikan. Lalu bagaimana caranya aku bisa menyelesaikan masalah itu ? yaitu dengan cara bermusyawarah yang kemudian kelak hasilnya akan mendapatkan suatu mufakat untuk menyelesaikan masalah itu. Nilai-nilai yang dimaksud untuk bermusyawarah dalam mencapai mufakat  dalam menyelesaikan masalah terkandung dalam sila ke-4.
Jika kelak suatu saat nanti aku bisa menjadi seorang pemimpin, aku akan menjadi pemimpin yang adil seperti yang terkandung dalam sila ke-5 yaitu keadilan sosial bagi sluruh rakyat indonesia. Memang semuanya yang terkandung didalam pancasila tidak selalu dan tidak semua selalu kuterapkan tetapi  aku menjadikan pancasila sebagai pandangan hidupku, sebagai filsafat hidupku. Isi kandungannya sedikit tetapi nilai-nilai yang terkandung didalamnya sangat banyak dan aku selalu berusaha menerapkan itu semua didalam lingkungan keluarga,masyarakat dan dalam berbangsa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar